top of page
  • Writer's pictureinPACK Indonesia

7 Kunci Kepuasan Pelanggan pada Bisnis Kuliner

Updated: May 9, 2019


Tips Sukses Bisnis Kuliner
7 Kunci Kepuasaan Pelanggan Bisnis Kuliner

Semua pebisnis kuliner tentu paham bahwa kepuasan pelanggan adalah yang utama. Jika pelanggan puas dengan pelayanan dan makanan yang disajikan, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi. Meningkatnya jumlah pelanggan tetap dapat ditafsirkan sebagai keberhasilan bisnis membangun ikatan dengan para pelanggannya, yang tentu berujung pada peningkatan penjualan. Demikian kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci sukses agar bisnis kuliner dapat berkembang.


Walau penting, sangat sulit untuk memastikan seluruh pelanggan puas. Pelanggan sangat beragam dan memiliki standar yang berbeda-beda terhadap apa yang mereka rasakan dan nikmati. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meminimalisir resiko terjadinya komplain yang juga merupakan bentuk kepedulian pebisnis terhadap pelanggan. Berikut 7 hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir komplain pelanggan:


Pelayanan yang Baik dan Ramah

Tidak mungkin ada pelanggan yang tidak suka dilayani dengan baik dan ramah. Dalam hal ini, karyawanlah yang menjadi wajah dari perusahaan karena berada di garis depan dan berinteraksi langsung dengan para pelanggan. Demikian, melakukan pelatihan terhadap karyawan agar dapat memberikan pelayanan terbaik menjadi penting. Memberi senyum, sapa dan salam merupakan kunci membangun hubungan dan keterikatan antara pelanggan dan bisnis.


First Come, First Served

Tidak jarang pada jam dan hari tertentu banyak pelanggan yang datang dan memenuhi lokasi. Penting untuk menciptakan sistem daftar antrian serta sistem urutan pemesanan sebagai bentuk layanan. Sistem daftar antrian berfungsi agar pelanggan mendapat kepastian kapan mereka akan dilayani. Kepastian tersebut dapat memberikan rasa tenang dan sabar pada pelanggan. Sistem urutan pemesanan berfungsi agar proses memasak berurutan dan selaras pesanan pelanggan.


Konsistensi Rasa

Selain kaya akan cita rasa, makanan yang dibuat juga harus konsisten. Pelanggan memiliki ekspektasi terhadap rasa yang pernah dimakannya, sehingga kekecewaan dapat timbul jika rasa tidak sesuai ekspektasinya. Untuk konsistensi rasa, dapat dilakukan standardisasi proses pembuatan makanan, dari bahan baku hingga bumbu.


Konsistensi Porsi

Sama seperti konsistensi rasa, konsistensi porsi juga penting. Pelanggan dapat kecewa jika porsi yang diterimanya lebih sedikit dari porsi temannya, atau porsi yang pernah dibeli sebelumnya. Untuk konsistensi porsi, dapat menggunakan timbangan dan catatan berat sebagai acuan.


Kebersihan

Kebersihan lokasi, alat makan, hingga proses pembuatan makanan yang higienis adalah hal yang penting karena berhubungan erat dengan kesehatan. Lokasi yang bersih membuat pelanggan lebih nyaman. Alat makan dan proses pembuatan yang higienis juga melepaskan pelanggan dari kekhawatiran masalah kesehatan yang mungkin terjadi.


Menggunakan Kemasan Makanan Food-Grade

Tidak semua kemasan makanan aman untuk bersentuhan langsung dengan makanan. Jika tidak food-grade, kemasan makanan dapat mengontaminasi makanan dengan transfer zat berbahaya saat bersentuhan. Demi keamanan dan kepuasan pelanggan, hubungi perusahaan pemasok kemasan makanan food-grade untuk berkonsultasi.


Kumpulkan Feedback

Informasi pelanggan dapat menjadi aset berharga bagi tumbuh-kembang bisnis kuliner. Dengan mengumpulkan masukan dari pelanggan, pebisnis dapat tahu apa yang benar-benar pelanggan inginkan, atau apa yang pelanggan tidak sukai. Siapkan kuesioner kecil dan singkat pada setiap meja, pelanggan akan terpicu mengisi jika sedang ada masukan atau masalah.


Subyektivitas pelanggan tentu menyulitkan untuk menjamin seluruh pelanggan puas. Namun dengan setidaknya menjalankan 7 kunci kepuasan pelanggan ini, diharapkan bisnis kuliner dapat terhindar dari komplain-komplain pelanggan. Jika memiliki kendala atau sedang mencari kemasan makanan, jangan lupa untuk menghubungi inPACK Indonesia. Kami tentu siap membantu!


 

#inPACK #inPACK Indonesia #Food Grade Packaging #Kemasan Makanan #Cetak Kemasan Makanan #FDA #Bisnis Kuliner #Food Grade #Gojek #GoFood #Food Tray Murah #Cetak Food Tray #Custom Food Tray #Jual Food Tray #Lunch Box Murah #Cetak Lunch Box #Custom Lunch Box #Jual Lunch Box #Food Pail Murah #Cetak Food Pail #Custom Food Pail #Jual Food Pail #Bungkus Makanan Murah #Piring Kertas #Jakarta #Indonesia

0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page