• inPACK Indonesia

Apa itu Food Grade Packaging?

Updated: May 9, 2019


inPACK Indonesia - Paper Food Tray

Sering kali bisnis kuliner mendapat pesanan untuk dibawa pulang yang membutuhkan kemasan makanan. Ada baiknya para pebisnis kuliner memiliki sedikit pengetahuan tentang kemasan makanan, mengingat keamanan para pelanggan menjadi tanggung jawabnya. Salah memilih kemasan dapat menjadi masalah karena tidak semua kemasan makanan yang ada di pasaran aman untuk digunakan.


Food grade packaging adalah kemasan makanan yang tidak akan memindahkan zat berbahaya ketika bersentuhan dengan makanan. Kemasan makanan ini lah yang harus dipilih oleh para pebisnis kuliner. Namun material apa sajakah yang dapat dikategorikan baik dan food grade?


Kemasan makanan styrofoam tentu tidak termasuk dalam kategori ini. Pasalnya kemasan makan styrofoam dapat mentransfer zat kimia berbahaya jika bersentuhan dengan makanan panas. Styrofoam terbuat dari salah satu jenis partikel plastik yang membutuhkan ratusan tahun untuk terurai. Parahnya, kemasan ini tidak dapat didaur ulang dan digunakan kembali.


Kemasan plastik pun tidak termasuk pada kategori kemasan makanan food grade karena tidak aman. Walaupun ada beberapa jenis yang aman untuk digunakan, biasanya harganya cukup tinggi sehingga tidak umum digunakan para pebisnis. Kemasan makanan plastik yang tergolong aman pun masih terbatasi terhadap panas dan keruksakan lingkungan.


Kemasan makanan kertas adalah pilihan yang paling baik. Meskipun jenis kertas banyak dan tidak semua food grade, bahan baku kertas dapat terurai secara alami sehingga sudah selangkah lebih baik dari kemasan plastik dan styrofoam. Banyak jenis kertas yang dapat dijadikan kemasan makanan. Untungnya, sangat mudah untuk membedakan kemasan makanan kertas food grade dengan yang tidak. Berikut adalah beberapa caranya:


Tidak menggunakan pemutih kertas

Pemutih kertas merupakan kimia yang tentu berbahaya jika dikonsumsi. Bahan baku kertas yang tidak menggandung pemutih akan berwarna kekuningan seperti putih gading atau broken white. Sinar UV juga dapat membantu membedakan bahan kertas yang menggunakan pemutih dengan yang tidak. Bahan kertas yang mengandung pemutih cenderung memantulkan cahaya dan terang di bawah sinar UV.


Tidak bertinta di sisi dalam

Pastikan bagian sisi dalam dari kemasan makanan tidak tercetak atau terkontaminasi tinta cetak. Walaupun kini sudah ada tinta food safe, walau jarang digunakan karena harganya yang lebih tinggi, ada baiknya bagi para pebisnis untuk tidak mengambil resiko dan memberikan makanan terkontaminasi tinta kepada pelanggan.


Kertas tersertifikasi

Kemasan makanan food grade biasanya berbahan dasar kertas yang telah disertifikasi FDA, atau Food and Drug Administration. Sertifikasi ini menjadi jaminan bahwa bahan baku kertas sudah pasti aman untuk bersentuhan dengan makanan.


Banyaknya pilihan kemasan makanan terkadang membuat pebisnis kuliner bingung. Maka dari itu, inPACK Indonesia sebagai pemasok kemasan makanan food grade siap menjawab kebingungan dan kebimbangan para pebisnis kuliner. Kami pun menyediakan beberapa pilihan pemesanan dengan minimum pemesanan yang sedikit, sehingga ringan bagi para pemain baru. Hubungi kami dan ceritakan bisnis Anda, kami siap membantu!


#inPACK #inPACK Indonesia #Food Grade Packaging #Kemasan Makanan #Cetak Kemasan Makanan #FDA #Bisnis Kuliner #Food Grade #Gojek #GoFood #Food Tray Murah #Cetak Food Tray #Custom Food Tray #Jual Food Tray #Lunch Box Murah #Cetak Lunch Box #Custom Lunch Box #Jual Lunch Box #Food Pail Murah #Cetak Food Pail #Custom Food Pail #Jual Food Pail #Bungkus Makanan Murah #Piring Kertas #Jakarta #Indonesia

0 comments

Recent Posts

See All